Kerusakan Non Struktur Pada Tembok Gedung Yang Harus Anda Cermati

Dinding atau tembok bangunan adalah bagian dari bangunan yang sangat penting. Tentunya termasuk bagi bangunan jenis gedung perkantoran. Ya, bagaimana tidak, tanpa dinding maka sebuah bangunan tidak akan dapat didirikan. Oleh karena itu, tembok haruslah mendapatkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan keberadaan tembok  bangunan sangat krusial. Kualitas tembok dapat menentukan kekohona sebuah gedung.

Tembok yang rapuh bisa berakibat fatal, dimana kerusakan tembok dapat mengakibatkan bangunan menjadi runtuh. Tembok yang rusak dan tidak terawat juga dapat menyebabkan sebuah bangunan tampak kumuh. Oleh karena itu, tembok pun harus mendapat perhatian khusus. Apabila kerusakan pada tembok bangunan kantor sudah kian parah, saatnya renovasi kantor dilakukan.

Jenis-jenis Kerusakan Tembok Gedung

Kondisi tembok bangunan perkantoran tentu sangat berpengaruh pada keamanan, kenyamanan dan keindahan gedung.. Namun seiring waktu, kondisi bangunan akan mengalami penurunan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis kerusakan yang umum terjadi pada tembok.

Kerusakan berupa dinding retak merupakan jenis kerusakan yang dapat terjadi pada dinding tembok. Konsultasikan dan analisis bersama jasa kontraktor yang disewa untuk mengatasi kerusakan pada dinding tembok gedung kantor. Secara garis besar, keretakan dinding dibagi menjadi retak struktur dan retak non struktur. Retak Non Struktur adalah jenis retakan yang umum terjadi pada bangunan kantor.

Retak Non Struktur

Merupakan retakan pada tembok kantor yang tidak membahayakan. Namun demkian akan tetap mempengaruhi keamanan, kenyamanan dan juga keindahan ruangan gedung kantor Anda.

1. Kerusakan Pada Cat Tembok

 

Kondisi cat tembok pada dinding adalah indikasi awal yang bisanya kita temukan pada kerusakan tembok gedung. Namun, kerusakan non struktur pada tembok umumnya tidak berpengaruh pada kualitas dan kondisi dinding atau pondasi bangunan. Kerusakan yang hanya terjadi pada cat tembok, baru merusak permukaan tembok saja. Semakin cepat diatasi, maka masalah akan semakin cepat tertangani dan tidak merembet kemana-mana.

Baca juga: Perbandingan Harga Bata Ringan dan Bata Merah

Jenis kerusakan  cat tembok di antaranya adalah : pengapuran tembok, pengelupasang tembok, cat tembok mengalami penggelembungan.  Biasanya penyebab kerusakan pada cat tembok dikarenakan cuaca ekstrim, atau juga dikarenakan penggunaan cat tembok yang kurang bermutu. Konsultasikan dengan jasa kontraktor yang bertanggung jawab, untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut.

2. Dinding Lembap dan Berjamur

 

Kerusakan pada dinding berupa kondisi tembok yang lembap dan berjamur termasuk kerusakan yang cukup sering terjadi. Lembap dan jamur pada tembok tidak saja merusak estetika, tapi juga berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, tembok lembap dan berjamur juga akan membuat tampilan bangunan menjadi tidak menarik.

Hal ini harus segera mendapat penanganan dengan renovasi kantor pada bagian yang diperlukan. Karena dinding tembok yang lembap dan berjamur, selain merusak keindahan, kenyamanan juga mengancam kesehatan. Dinding lembap dan berjamur jika dibiarkan, akan membuat kualitas tembok menurun. Sehingga hal ini juga dapat mengakibatkan pondasi dinding kian rapuh bahkan bisa menyebabkan dinding runtuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *