Ini Solusi Tata Udara Dapur Tanpa Jendela

Rumah minimalis seperti apartment memiliki ruang dapur yang mungil. Seringkali bagian untuk memasak ini bergabung dengan ruang makan untuk memaksimalkan ruangan yang ada. Karena tanah diperkotaan semakin terbatas, sebagian orang memilih tinggal diapartment yang tidak memiliki jendela di dapur. Adapula penghuni ruangan yang menutup jendela didapur untuk membuat ruangan tambahan disampingnya. Apapun alasannya anda perlu memastikan sirkulasi udara lancar walaupun tanpa ada jendela.

Solusi Dekorasi Dapur Tanpa Jendela

Kala memasak, wajar untuk terganggu dengan asap masakan yang menggangu dan bahkan mencapai ruangan lain dalam rumah. Bila ada jendela maka, dengan membukanya maka asap dapat keluar ruangan dan tidak ada bau makanan dalam dapur atau seluruh ruangan. Sirkulasi udara untuk bangunan tertutup perlu saran dari Kontraktor ME untuk memasang ventilasi untuk membuang udara didalam kala dibutuhkan, seperti berikut.

1. Cookerhood

Terdapat paling sedikit tiga zat berbahaya dari asap memasakan yakni, Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2), dan Sulfur Dioksida (SO2) yang berbahaya bagi kesehatan. Bila tidak ada jendela maka pasang cookerhood diatas kompor agar asap makanan saat memasak dapat dikeluarkan. Pastikan menggunakan jasa kontraktor ME untuk memasang mekanikal elektrikal yang sesuai dengan bentuk rumah atau apartment anda.

Jenis ventilasi berbentuk seperti tudung diatas kompor ini merupakan ventilasi paling umum dan mudah dipasang karena berada langsung diatas area yang dipakai untuk memasak.

2. Kipas Exhaust

Idealnya, ruangan harus memiliki ventilasi agar penghuninya merasa nyaman. Terutama area dapur yang sering menghasilkan asap masakan yang menggangu kesehatan bila rumah tidak memiliki banyak jendela. Bagi Anda yang terlanjur merubah ruang dapur jadi area tertutup, jangan bingung. Anda dapat memasang Kipas exhaust yang memiliki tuas untuk dinyalakan kipas kala memasak.

Exhaust bekerja layaknya seperti kipas angin, dan menyedot udara dari dapur dan mengeluarkannya sebelum asap mencapai ruangan lain dalam rumah. Pilihan jenis kipas exhaust rumahan termasuk wall mountedwindow mounted, dan ceiling mounted sesuai tempatnya.

3. HEPA (penyaring udara) portable

Perkembangan teknologi dalam tata udara juga memperkenalkan alat penyaring udara yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan. Dengan demikian selain menyaring udara juga dapat membuat ruangan lebih sejuk. HEPA atau High Efficiency Particulate Air dapat dibeli di toko bangunan.

Baca juga: Lampu LED yang Paling Banyak Diburu Pembeli

Selain terdapat HEPA filter yang dapat dipasang oleh kontraktor HVAC, biasanya digunakan pada apartement mewah karena harganya yang tidak murah. Pemasangannya mencangkup seluruh ruangan dalam satu gedung. Terdapat pula HEPA Portable yang dapat dipindahkan dan dapat digunakan bukan hanya di dapur namun untuk bagian lain dari rumah.

 4. Tinggikan plafon 

Memiliki dapur dengan langit-langit tinggi akan menjaga asap masakan untuk tetap berada di dalam dapur. Kombinasikan fitur ini dengan memasang kipas exhaust atau cookerhood agar asap dapat keluar dengan lebih cepat. Perhatikan pemasangannya dengan menggunakan jasa kontraktor yang handal agar pemasangan pas dan penghuni nyaman berada dalam rumah.

5. Pasang Loster

Sebagai bagian dari ventilasi ruangan. Anda dapat memasang loster pada salah satu dinding yang menghadap keluar untuk menggantikan fungsi jendela, sebagai ventilasi alami. Celah kecil yang mengisi lubang ventilasi memiliki ukuran kecil dengan sekat rapat dengan bentuk seperti ram. Loster memiliki ukuran kecil bersekat yang sengaja dibuat kecil untuk menghindari masuknya serangga atau binatang pengerat dan hanya cukup untuk sirkulasi udara yang sangat kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *