Ingin Menggunakan Pintu Kaca di Rumah? Ikuti Tips Berikut Ini

Memilih pintu yang digunakan untuk rumah tidak boleh sembarangan. Pintu adalah elemen penting bagi sebuah hunian. Tanpa pintu keamanan tidak dapat terjamin dan privasi akan terganggu. Saat ini ada banyak jenis pintu yang bisa digunakan. Beberapa material yang bersaing ketat di pasaran adalah kayu, kaca, dan aluminium.

Di antara ketiga jenis material tersebut yang paling mahal adalah kaca. Mengapa? Kaca adalah material yang mahal karena mengingat ketebalannya dan tingkat kerumitan pemasangannya. Harga pintu kaca frameless namun sebanding dengan kualitas yang diberikan. Pintu kaca banyak dipilih untuk sebuah hunian hingga gedung kantor atau gedung fasilitas umum lainnya.

Keuntungan menggunakan kaca sebagai pintu bahkan dinding akan membuat ruang terlihat lebih luas. Anda bisa tetap menjaga privasi di setiap ruangan hanya dengan memasang tirai khusus. Proses membersihkannya pun lebih mudah dibandingkan pintu kayu. Di samping itu, pintu kaca tidak mudah rusak akibat jamur atau rayap.

Tips Membeli Pintu Kaca yang Tepat untuk Rumah

Mengingat harga pintu kaca frameless yang tidak murah, sebaiknya pilih dengan cermat pintu kaca mana yang cocok untuk digunakan. Tidak semua model dan jenis pintu kaca tepat untuk diterapkan pada rumah Anda. Setidaknya pilih jenis gaya yang diinginkan dan Anda bisa lebih mudah menentukan jenis pintu mana yang sebaiknya dipilih.

Apabila Anda masih awam dalam pemilihan pintu kaca yang tepat untuk rumah, sebaiknya ikuti beberapa tips memilihnya berikut ini.

  • Model pintu

Tips yang pertama adalah model pintu yang dibeli. Apakah Anda akan membeli pintu yang dibuka dengan didorong, ditarik atau bahkan pintu geser. Pintu kaca yang didorong atau ditarik ini akan memakan ruang jadi tidak cocok jika Anda hanya memiliki lahan yang sempit. Pilih pintu kaca geser jika Anda tidak memiliki area yang cukup luas. Model pintu ini harus dipilih untuk menjaga ruang tetap nyaman digunakan ketika Anda membuka pintu.

  • Tempat pemasangan

Tidak hanya model, Anda juga harus mempertimbangkan di mana saja pintu akan dipasang. Langkah ini akan memastikan apakah Anda akan membeli pintu kaca transparan atau pintu kaca yang buram. Jika pintu digunakan untuk menjaga privasi ruangan seperti kamar, sebaiknya pilih pintu kaca yang buram. Jika Anda hanya akan menggunakan kaca untuk membatasi ruang belakang dan ruang dalam bisa dipilih pintu kaca transparan sehingga pemandangan belakang rumah bisa terlihat serta membantu cahaya masih dengan mudah.

  • Ketebalan kaca

Pintu kaca adalah bagian yang sering digunakan. Jika Anda menggunakan pintu kayu tentu tidak perlu takut karena kayu tidak mudah pecah. Berbeda dengan kayu, pintu kaca akan mudah pecah jika Anda tidak memilih ketebalan yang tepat. Pintu sebaiknya memiliki ketebalan sekitar 12mm ke atas. Ketebalan ini sangat tepat sehingga pintu tidak akan mudah pecah walaupun terkena benda tumpul.

  • Penggunaan frame

Ada dua jenis pintu kaca yang bisa dipilih yaitu yang menggunakan frame atau tidak. Perbedaan penggunaan frame ini biasanya dipengaruhi desain ruangan serta ketebalan pintu kaca yang digunakan. Jika Anda ingin menggunakan frame kayu atau alumunium, kaca dengan ketebalan tipis seperti di bawah 12mm bisa dipilih. Namun jika memilih pintu kaca frameless sebaiknya pilih dengan ketebalan di atas 12mm.

Tak hanya sebagai pintu saja, kaca juga sering digunakan sebagai pembuatan kanopi. Hunian yang menggunakan kanopi kaca biasanya memilih gaya minimalis. Kaca yang dipilih juga harus memiliki ketebalan yang tinggi mengingat akan sering terkena perubahan cuaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *